Cara Menjawab Pertanyaan Tentang Gaji Saat Interview Kerja

Bagaimanakah Cara Yang Paling Baik Dalam Menjawab Pertanyaan Tentang Gaji Saat Wawancara Kerja?

Dalam setiap interview atau wawancara panggilan kerja, pertanyaan mengenai permintaan gaji adalah hal yang lumrah. Namun, para pelamar kerja masih banyak yang ragu dan canggung untuk menjawabnya.

Umumnya mereka khawatir angka yang diminta terlalu tinggi atau tidak sesuai dengan standar perusahaan. Bahkan banyak yang memilih tidak menjawab karena cemas jika tidak sesuai akan mempengaruhi keputusan penerimaan karyawan. Jika anda termasuk yang bingung jika dihadapkan pada pertanyaan tentang gaji, mungkin bahasan singkat ini berguna bagi anda.

Kalau anda ditanya tentang permintaan gaji, lebih baik anda menjawabnya. Tetapi sebaiknya anda sudah menyiapkan jawaban yang ‘masuk akal’. Jawaban yang masuk akal ini adalah angka-angka yang telah anda kalkulasikan mulai dari pengeluaran tetap perbulan termasuk transport, uang makan, biaya tak terduga sampai tabungan. Tentu jawaban ini juga disesuaikan dengan kemampuan, pendidikan dan pengalaman anda.

Jangan khawatir dan takut untuk memberikan jawaban yang sudah anda kalkulasi. Tetapi kalau anda tetap ragu-ragu lebih baik anda katakan bahwa gaji anda bisa disesuaikan dengan standar perusahaan. Dalam hal ini umumnya perusahaan sudah memiliki ‘range’ atau standar gaji yang baku untuk level-level tertentu, terutama untuk posisi ‘top management’. Nah jika anda ditawarkan sejumlah angka, andapun dapat mempertimbangkannya kembali. Anda bisa mengajukan ‘bargaining’ atau tawar menawar kepada perusahaan. Usahakan agar tercapai kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak.

Bisa juga sebelumnya anda mencari informasi tentang standar gaji di perusahaan yang memanggil anda. Dengan demikian anda dapat memberikan jawaban yang mendekati standar perusahaan.

Perlu anda ingat, jawaban yang anda berikan tentang penawaran gaji tidak akan mempengaruhi lulus atau tidaknya anda dalam test wawancara. Seandainya pun anda tidak diterima, semata-mata hanya karena kualifikasi anda belum sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Nah, kini anda tak perlu ragu lagi untuk menjawab pertanyaan tentang gaji bukan…?

Daftar Kategori Tips Karir & Dunia Kerja

Leave a Reply